1. Memiliki kemampuan yang terkait dengan iklim belajar di kelas, meliputi :
- memiliki ketrampilan antarpersonal, khususnya kemampuan menunjukkan empati, perhargaan kepada siswa, dan ketulusan
- memiliki hubungan yang baik dengan siswa
- mampu menerima, mengakui, memperhatikan siswa dengan tulus
- menunjukkan minat dan antusiasme yang tinggi dalam mengajar
- mampu menciptakan atmosfer untuk tumbuhnya kerja sama dan kekohesifan antar kelompok siswa
- mampu melibatkan siswa dalam mengorganisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran
- mampu mendengar dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam setiap diskusi
- mampu meminimalkan friksi-friksi di kelas jika ada
- memiliki kemampuan untuk menghadapi dan menangani siswa yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan pembicaraan dan mampu memberikan transisi substansi bahan ajar dalam proses pembelajaran
- mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan tingkatan berpikir yang berbeda untuk semua siswa
- mampu memberikan umpan balik yang positif terhadap respons siswa
- mampu memberikan respons yang bersifat membantu terhadap siswa yang lamban belajar
- mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban siswa yang kurang memuaskan
- mampu memberikan bantuan profesional kepada siswa jika diperlukan
4. Memiliki kemampuan yang terkait peningkatan diri, meliputi :
- mampu menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara inovatif
- mampu memperluas dan menmbah pengetahuan mengenai metode-metode pengajaran
- mampu memanfaatkan perencanaan guru secara kelompok untuk menciptakan dan mengembangkan metode pengajaan yang relevan