Corona Virus 19 Pages

hut76-2

prokes

"LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI"

belajar-di-rumah

BELAJAR DAN BERMAIN DIRUMAH LEBIH AMAN DAN SEHAT

save-from-corona

PROKES CORONA-19

"Selamatkan Satu Selamatkan Semuanya"

slmt-dtg

"Selamat Datang di Blog SMPN 184 Jakarta.Menggali dan Menuntut Ilmu Menggapai Ridho Allah SWT"

bloggrk

CREATED BY SUGENG T PUTRA,S.SI-SMPN 184 JAKARTA 2021-2022

bendera-mp

JAYALAH NEGERIKU JAYALAH INDONESIAKU

Quadrant Cashflow Robert T Kiyosaki

 

Cashflow quadrant merupakan konsep yang diperkenalkan oleh penulis sekaligus investor Robert T Kiyosaki untuk mengetahui sumber pendapatan seseorang. Cashflow quadrant membagi sumber pendapatan seseorang menjadi empat kuadran yakni E, S, B, dan I.

Tujuan Robert Kiyosaki memperkenalkan cashflow quadrant yakni untuk membantu seseorang buat mencapai kebebasan finansial. Dengan mencapai kebebasan finansial, seseorang akan memiliki kebebasan pribadi dan waktu luang sekaligus memiliki usaha yang mampu menghasilkan banyak uang.


 E untuk Employee

Kuadran E merupakan kuadran dari kelompok orang yang bekerja sebagai seorang karyawan. Orang-orang di kuadran ini memiliki pendapatan tetap berupa gaji bulanan yang diberikan oleh perusahaan atau bisnis yang bukan milik orang tersebut. Orang yang terdapat di dalam kuadran ini bisa saja memiliki jabatan sekuriti hingga direktur utama suatu perusahaan.

Biasanya, orang-orang yang terdapat di dalam kuadran ini lebih memperhatikan aspek kepastian dan jaminan dalam mencari sebuah pekerjaan. Tidak jarang mereka memiliki cara pandang berikut ini: saya mencari pekerjaan yang aman dan terjamin dengan berbagai macam tunjangan.

2. S untuk Self-Employed

Kuadran S merupakan kuadran dari kelompok orang yang memiliki usaha kecil dan kegiatan operasi perusahaan dijalankan oleh mereka sendiri. Jadi, orang-orang di kuadran ini mendapatkan pendapatan sebesar usaha atau kerja keras yang mereka lakukan.

Semakin banyak waktu dan usaha yang dilakukan maka akan semakin besar pula pendapatan yang mereka terima. Begitu pula sebaliknya, semakin sedikit waktu dan usaha yang dikerjakan maka akan semakin kecil pendapatan yang diterima.

Sebagian besar orang di kuadran ini merupakan pengusaha kecil seperti pemilik rumah makan, bisnis keluarga, perusahaan konsultan ataupun mereka yang menjual jasa seperti pembersih halaman dan rumah.

Selain itu, para pekerja atau karyawan yang mendapatkan penghasilan berdasarkan komisi juga masuk ke dalam kuadran ini. Misal, para agen real estate ataupun dokter dan pengacara. Mereka kerap menyampaikan hal berikut ini: tarif saya sekian rupiah per jam atau honor saya sekian rupiah untuk pekerjaan tersebut.

Biasanya, orang-orang yang terdapat di dalam kuadran ini merupakan orang yang ulet dan senang mengerjakan segala sesuatu sendiri. Tidak jarang mereka memiliki cara pandang berikut ini: jangan pernah bekerja untuk orang lain, tetapi harus bekerja untuk diri sendiri. Atau cara pandang yang lain adalah: kalau mau hasil pekerjaan yang benar, kerjakanlah sendiri.

3. B untuk Business Owner

Kuadran B merupakan kuadran dari kelompok orang yang mendapatkan penghasilan tanpa harus terlibat langsung dalam kegiatan operasi perusahaan yang mereka miliki. Poin dari tanpa harus terlibat langsung merupakan pembeda antara orang-orang di kuadran B dengan mereka yang terdapat di kuadran S.

Jadi, orang-orang di kuadran B biasanya seorang pengusaha besar yang memiliki kemewahan dapat meninggalkan perusahaan mereka selama periode waktu tertentu karena sudah dijalankan secara profesional oleh orang-orang dari kuadran E. Bahkan, bukan tidak mungkin ketika kembali maka perusahaan mereka akan semakin lancar dan profit.

Adapun, orang-orang di kuadran S seringkali tidak bisa meninggalkan pekerjaan atau usaha mereka. Dalam banyak kasus, apabila kelompok dari kuadran S berhenti bekerja maka otomatis penghasilan mereka juga terhenti.

4. I untuk Investor

Kuadran I merupakan kuadran dari kelompok orang yang mendapatkan penghasilan dari hasil investasi di suatu perusahaan. Mirip dengan kuadran B, orang-orang di kuadran I tak perlu terlibat langsung dalam kegiatan operasi suatu perusahaan yang mereka investasikan.

Kebebasan Finansial

Robert Kiyosaki menganjurkan kepada orang-orang yang ingin mencapai kebebasan finansial untuk masuk ke dalam kuadran B atau I. Ia menjelaskan banyak orang yang telah mencapai kebebasan finansial karena mereka memiliki sebuah usaha, bukan bekerja untuk usaha atau di sebuah usaha milik orang lain.

Mereka yang terdapat di kuadran B dan I memiliki waktu luang yang banyak karena mereka memperkerjakan orang-orang dari kuadran E dan S untuk menjalankan dan mengelola usaha mereka. Ia mengatakan: kalau kamu ingin bebas, sebaiknya kamu mengurus bisnismu sendiri. Hal yang perlu digarisbawahi adalah bisnis yang dimaksud oleh Robert Kiyosaki ialah bisnis di dalam kuadran B dan bukan bisnis kuadran S.

Ia memperingatkan bahwa semakin seseorang mencari keamanan kerja atau menjadi tenaga profesional berlisensi seperti dokter, pengacara, akuntan, atau pialang saham maka semakin mereka "kehilangan kebebasan". 

Bagi Anda yang ingin melakukan perubahan besar dengan pindah dari sisi kiri (kuadran E dan S) ke sisi kanan (kuadran B dan I), hal yang perlu diperhatikan adalah perpindahan kuadran merupakan proses panjang yang membutuhkan waktu lama. Ia mengingatkan perpindahan kuadran ini juga membutuhkan bimbingan.


KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERIK


Kemampuan literasi adalah kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah dan memahami informasi   sekaligus dalam rangka  menganalisis, menanggapi suatu bacaan dan memahami konsep dibalik tulisan tersebut.

Kemampuan Numerasi adalah kecakapan fundamental yang membekali peserta didik dengan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan ketrampilan operasi hitung  didalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita

Komponen aspek dalam Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) bagi peserta didik meliputi : konten, konteks, dan proses atau tingkat  kognitif.  Kemampuan literasi dan numerik ini menjadi bagian dari Asesmen Nasional yang  diterapkan kepada peserta didik SD, SMP, dan SMA mulai tahun pelajaran 2021/2022,  dimana instrumen  Asesmen Nasional ini  meliputi asesmen kompetensi minimal (literasi dan numerik), survei karakter, dan survei lingkungan belajar.  Asesmen kompetensi minimal dan survei karakter ditujukan kepada peserta didik sedangkan survei lingkungan belajar ditujukan kepada para pendidik disekolah. 

Proses atau tingkat kognitif berkaitan dengan cara berpikir yang dibutuhkan peserta didik dalam menyelesaikan masalah atau soal.  Pada literasi dan numerasi,  tingkat kognitif dibagi dalam tiga level yaitu untuk literasi meliputi menemukan informasi, interpretasi dan integrasi, serta evaluasi dan refleksi,  untuk numerasi ketiga tingkat kognitif yaitu pemahaman, penerapan, dan penalaran.

Tingkat kognitif menemukan informasi meliputi kemampuan mencari, mengkases, serta menemukan informasi tersurat dari suatu wacana. 

Tingkat kognitif pemahaman meliputi kemampuan memahami fakta, prosedur, serta alat hitung matematika.

Tingkat kognitif interpretasi dan integrasi meliputi kemampuan memahami informasi tersirat atau tersurat, memadukan interpretasi antar bagian teks untuk menghasilkan inferensi.

Tingkat kognitif penerapan merupakan kemampuan menerapkan konsep matematika dalam situasi rutin dan nyata.

Tingkat kognitif evaluasi dan refleksi adalah kemampuan menilai kredibilitas, kesesuaian maupun keterpercayaan teks, serta mampu mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks.

Tigkat kognitif penalaran yaitu kemampuan bernalar dengan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah non rutin


Dalam AKM konten literasi meliputi teks fiksi (cerita) dan teks informasi (berita), sedangkan  konten pada numerasi berfokus pada kemamppuan bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidak pastian serta aljabar.

Konteks AKM berhubunggan dengan aspek kehidupan atau situasi pada saat konten digunakan.

Konteks pada literasi dan numerik dibagi menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik

Personal berkaitan dengan kepentingan diri secara ppribadi, sosial budaya berkaitan dengan kepentingan antar individu, budaya dan isu kemasyarakatan, saintifik berkaitan dengan isu, aktifitas, serta fakta ilmiah baik yang telah dilakukan maupun yang ada dimasa depan