Corona Virus 19 Pages

Model Pembelajaran PAIKEM

Model pembelajaran PAIKEM adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan pendekatan proses yaitu suatu pembelajaran yang aktif, inovatif,kreatif, efektif, dan menyenangkan. Model pembelajaran ini dikenal juga dengan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) yang lazimdisebut pembelajaran CTL.

Sikap kreatif ditandai dengan :
a. keterbukaan terhadappengalaman baru
b. kelenturan dalam berpikir
c. kebebasan dalam ungkapkan diri
d. menghargai fantasi
e. minat terhadap kegiatan kreatif
f. menumbuhkan kepercayaan terhadap gagasan sendiri
g.kemandirian dalam memberikan pertimbangan atau keputusan sendiri

Sikap efektif dalam proses pembelajaran :
a. ciptakan kondisi pembelajaran yang benar
b. presentasikan dengan benar
c.pikirkan
d. ekspresikan
e. praktikkan
f. tinjau, evaluasi, dan rayakan

Pembelajaran yang inovatif ditandai dengan ciri-ciri :
a. pembelajaran bukan pengajaran
b. guru sebagai fasilitator bukan instruktur
c. siswa sebagai subyek bukan obyek
d. menggunakan multi media bukan monomedia
e. sentuhan manusiawi
f. pembelajaran induktif bukan deduktif
g. materi bermakna bukan sekedar hafalan
h. keterlibatan partisipasif bukan pasif

Secara umum pembelajaran PAIKEM dirumuskan sebagai berikut :


  1.  Peserta didik terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan belajar melalui berbuat
  2. Guru menggunakan berbagai media pembelajaran dan berbagai cara untuk membangkitkan semangat, termasukmenggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran yang menarik,menyenagkan dan cocok buat peserta didik
  3.  Guru menerapkan strategi pembelajaran yang lebih kooperatif dan interaktif termasuk cara belajar kelompok
  4. Guru mendorong peserta didik untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya dan melibatkan peserta didik dalam menciptakan lingkungan sekolahnya